• Buka : Setiap Hari (Selasa Libur), Jam : 09.00-20.00 WIB
  • Tirtasani Royal Resort Blok A2. No.2,
    Kec. Karang Ploso, Malang

Kenapa Pria Muslim Tidak Boleh Menggunakan Cincin Emas?

Islam melarang pria menggunakan emas, namun sebenarnya bukan tanpa alasan. Dalam hal ini, ada beberapa alasan logis yang ditinjau dari berbagai sudut pandang perihal alasan laki  laki dilarang mengenakan perhiasan dari emas. Ada beberapa faktor seperti kesehatan yang dapat mempengaruhinya. Tetapi, ada juga perhiasan seperti cincin kawin emas Bontang berbahan palladium yang masih boleh digunakan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut berikut ulasannya!

Cincin Kawin Bontang

Alasan Dari Segi Agama

Seperti yang diketahui, umat Islam memiliki ajaran yang harus diikuti melalui Quran dan hadis. Ada banyak sekali peraturan yang sudah ditetapkan termasuk dalam hal berpakaian dan berdandan. Dalam Islam, laki – laki haram hukumnya menggunakan perhiasan dari emas. Hal tersebut dilarang karena sudah diatur pada ajaran umat Islam yang berasal dari hadis. Sesuai dengan ketentuan yang sudah ada, pelarangan ini bermaksud untuk kebaikan dari seorang mukmin.

Ajaran yang sudah ditetapkan menegaskan bahwa emas termasuk perhiasan yang memiliki nilai tinggi dalam mempercantik dan menghiasi tubuh seseorang, hanya boleh dilakukan oleh wanita. Sedangkan laki – laki tidak perlu hal tersebut. Pasalnya pria harusnya memiliki sifat maskulinitas, sehingga tidak perlu cincin kawin emas Bontang dalam menarik perhatian lawan jenisnya. Selain itu, menggunakan perhiasan akan membuat pria berpenampilan menyerupai wanita.

Cincin Nikah di Bontang

Alasan Dari Segi Ilmiah

Alasan kenapa pria dilarang menggunakan emas dari segi kesehatan adalah karena atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit melalui pori pori dan masuk ke darah manusia. Jika seorang pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan digunakan pada jangka waktu yang lama maka ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan. Salah satunya, di dalam urine dan darah akan terdapat kadar atom yang melebihi batas.

Hal ini berbeda jika digunakan oleh wanita. Pasalnya, wanita setiap bulan mengeluarkan partikel berbahaya melalui menstruasi. Dalam berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa dalam tubuh wanita terdapat suatu lemak unik yang berbeda dan tidak dimiliki oleh seorang pria. Lemak tersebut juga bisa mencegah unsur senyawa atom dari cincin kawin emas Bontang untuk masuk ke dalam tubuh. Sehingga pada jika masuk melalui kulit wanita, lemak bisa menghalanginya.

Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti Alzheimer. Kandungan atom yang tidak dibuang dalam jangka waktu tertentu akan mengendap dalam darah dan sampai ke otak yang akan memicu penyakit tersebut. Alzheimer adalah suatu penyakit di mana penderitanya kehilangan kemampuan fisik dan mental dan menyebabkan kembali seperti anak kecil.

Alasan Dari Segi Sosial  dan Ekonomi

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, emas memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut hanya bisa dimiliki orang – orang di lapisan ekonomi tertentu. Jadi larangan emas bagi pria ini juga terkait dengan tidak bolehnya hidup terlalu bermewahan. Selain itu, ada juga pandangan dari segi sosial jika pria menggunakan cincin kawin emas Bontang maka diberi label berbeda karena menyerupai wanita. Pasalnya, perhiasan identik dengan kecantikan diri dari wanita.

Itulah alasan kenapa pria muslim dilarang menggunakan cincin dari emas. Selain dalam ajaran agama dilarang, ada juga penjelasan logis dari sudut pandang ilmiah mengenai emas karena akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Namun, hal tersebut akan berbeda jika pria menggunakan perhiasan cincin yang berbahan dasar palladium. Perhiasan jenis ini boleh digunakan dan bisa Anda dapatkan di toko Nouri Jewellery Bontang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *